Thursday, August 16, 2018

B A C A L A H !

Allah telah memerintahkan kepada Muhammad Saw yang buta huruf/ummi untuk membaca !, tentunya Beliau terkejut, tapi atas kuasa-NYA dan bimbingan Jibril, maka dibacalah : " Iqra (bacalah) dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan " dan tidak secara keseluruhan satu surat langsung dari surat al Alaq, wahyu pertama yang Allah turunkan hanya ayat 1 – 5 dari surat al Alaq Maksud Allah memerintahkan untuk membaca adalah agar umat manusia benar benar membaca, nah bagaimana artian membaca yang sebenarnya ?
Beberapa makna dari kata membaca dalam surat al Alaq, yakni:
  • Iqra yang artinya bacalah, berarti ummat manusia diperintahkan untuk membaca, membaca bisa juga dimaknai dengan memahami atau fahamilah yang serupa dengan bacalah.
  • Bisa juga berarti telitilah
  • Bacalah juga bermakna analisalah, sintesakanlah
  • Dan bisa juga dengan artian yang lebih luas yaitu temukan teori, temukan ilmu. Karena membaca merupakan salah satu gerbang dari ilmu pengetahuan maka ia juga bermakna temukan ilmu. 
 Allah Yang Maha Tahu dan Maha Kuasa, meminta manusia bukan hanya membaca dalam arti huruf-huruf tapi membaca segala alam semesta ciptaan-NYA, agar Umat Islam menjadi   Umat yang cerdas, tidak boleh bodoh dan mudah dibodohin. Sejatinya Umat Islam harus lebih unggul dari Umat lain (http://blog.umy.ac.id)

Alhamdulillah gue untuk dari kecil udah bisa baca dan terus menjadi maniak baca dan membaca itu bisa membuka jendela dunia, bisa memberikan umpan balik, terutama saat kita membaca Kalamullah/Al-Qur'anul Karim, yang merupakan petunjuk bagi Manusia, dan Allah membekali Manusia dengan pancaindera, selain itu dengan akal, kemampuan, intuisi atau ilham.
Keperluan terhadap Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi, merupakan sarana yang diperlukan dalam menatap era perkembangan zaman dan dorongan dalam melaukan inovasi (hmasoed.wordpress.com).
Cukup lama gue berasyik masyuk dengan dunia maya, sehingga ritual membaca cuma sambilan saja, untungnya interaksi dengan Al-Qur'an masih terus berlanjut, bahkan semakin inten, kenapa  kembalinya gue membaca ? , salah satunya takut dihisab oleh buku-buku yang gue miliki, mudah-mudahan ritual membaca bisa terus berlangsung sampai akhir hayat, dan gue harapkan gue semakin bisa membaca diri gue/muhasabah/intropeksi agar tak melenceng dari jalan-NYA yang lurus.

No comments: